gembelkere

10/22/2009

UANG

Uang adalah sarana kebutuhan manusia saat ini adalah yang sangant penting, rasanya nyaris orang tak bisa hidup tanpa uang. Berbagai macam cara yang di lakukan manusia untuk mendapatkan uang, baik itu yang halal mau pun yang tidak halal. Ada yang menjadi pagawai negeri, ada yang jadi wiraswastawan, ada juga yang jadi kuli bangunan bahkan ada yang menjadi pencuri hanya untuk mendapatkan uang, uang memang ga bisa lagi di pisahkan dari kehidupan kita sehari hari.
Disisi fositifnya uang menjadikan kita baik dan dengan uang kita bisa membantu sesama kita, tapi disisi lain uang juga menjadi akar kejahatan. Tindak kejahatan mulai dari yang kecil sampai yang besar tidak lepas dari pada untuk mendapat kan uang. para ilmuwan yang sehari2nya berpikir itu juga tak lepas dari pada keinginan untuk memdapatkan uang juga {UUD} ujung ujung nya duit.
Terlepas dari semua itu, sebenarnya uang itu untuk apa sebenarnya????

Ada sebuah cerita, seorang yang kaya raya dan dermawan mempekarjakan seorang yang miskin suatu hari di sedang terjadi perbincangan antara majikan dan kulinya. Kuli: pak buat apa sih harta bapak ini, bapak kan sudah kaya raya,trus dah punya perusahaan yang banyak????? Majikan menjawabnya, udin, kamu tau ga kenapa aku mengumpulkan uang itu sebanyak ini??? coba kalau seandainya saya ga punya uang, kamu mau kerja dimana coba???? Simajikan pun bercerita banyak sekali sama kulinya. sebenarnya saya itu iri sama kamu kalian ini, kamu kalau mau tidur ya tinggal tidur mau makan ya tinggal makan, lah klo saya, klo mau makan teringat orang yang jalanan apa sudah makan mau tidur juga masih teringat orang yang ga punya rumah, kalau hujan mereka kemana klau tidur juga mereka tidur dimana? Maka sejak itu saya terpikir untuk memberikan mereka makan dan juga memberikan mereka tempat tinggal agar beban pikiran saya berkurang. Kamu tau ga bagaimana cara saya memberikan mereka makan dan memberikan mereka tempat tinggal????? Ga munkin rasanya saya membelikan makanan setiap hari untuk merka semuanya juga membelikan mereka kasur yang banyak juga. lalu bagaimana caranya???? Saya berikan mereka pekerjaan, saya berikan mereka lapangan mencari nafkah yang halal agar mereka tidak mengambil jalan yang salah untuk mendapat kan azab yang di anggap rejeki.
Udin, kamu sudah punya tabungan belum???? Udin: blom pak, majikan:lah uang kamu kemanakan saja??? kamu harus mempunyai tabungan juga din, agar kamu bisa mandiri suatu saat, kamu mau jadi seperti ini trus???? Itu namanya kamu pelit sama orang lain, klo kamu dah bisa mandiri kan besok bisa yang lain lagi yang bekerja di sini. Kamu kan ga mungkin begini trus. Kamu tau din, walau pun begini bapak juga punya tabungan loh, nah tabungan bapak itu besok untuk warisan saya sama anak2 saya. perusahaan juga punya tabungan. Tabungan perusahaan itu gunanya sangat banyak, untuk THR karyawan setiap tahunnya,juga untuk mengatasi krisis2 yang datangnya tidak terduga, setidaknya kalau perusahaan pun tidak tertolong lagi dari kebangkrutan, karyawan juga harus di bayar pesangon nya, itu adalah pungsi dasar sebuah tabungan perusahaan. jadi kamu jangan main2 ma yang namanya uang, uang itu harus di jalan kan sebaik mungkin, tidak boleh asal2 sama yang namanya uang. Udin: ia pak, besiok saya akan mulai menabung juga seperti bapak. siudin pun pamit dari hadapan boss nya.



Begitu juga dengan kita, kita ga boleh asal2lan dalam membuat perincian keuangan kita sehari2 persentasi kita harus positif, agar kita yang punya penghasilan pas2an pun suatu kelak bisa menjadi seperti majikan si udin tadi. kalau aku melihat yang terjadi saat ini adalah kebanyakan orang bukan nya tidak bisa maju dari kemelaratan, akan tetapi kita ga punya perincian yang baik untuk masa depan kita, uang yang kita dapatkan kebanyakan kita belanjakan untuk sesuatu yang ga penting, coba kebiasaan yang ga baik ini kita rubah dari sekarang. Misalnya dengan meniadakan biaya buat hura-hura atau untuk biaya poya-poya. bagaimana kalau biaya itu kita tabung saja????? Kita pasti punya keinginan untuk mempunyai uang yang banyak kan??? Sekarang apakah kita sudah berusaha untuk meujudkan???? Apakah cara yang sudah kita lakukan untuk meujudkan itu????
tips: 1:Buat kita yang penghasilan pas2an. bila kita bekerja pada sebuah perusahaan yang gajinya pas2an agr menjadikan ini sebagai batu loncatan seraya menunggu dan mencari pekerjaan yang lebih baik dari yang ada sekarang, jangan langsung meniggalkan pekerjaan itu sebelum kita mendapat pekerjaan yang lebih baik. {Ingat orang yang pengangguran} 2:Kita juga harus menyisihkan 15 persen setiap bulan dari gaji yang kita dapatkan. 3:Berusaha untuk menekan pengeluaran kita setiap bulannya untuk sesuatu yang ga penting. Perincian yang benar dan baik akan menghasil kan sesuatu yang baik juga.
Hasrat sebenarnya bukan untuk menjadi orang kaya, akan tetapi kedepanya mudah-mudahan kita bisa lebih baik dari pada sekarang.


NB: Berusahalah untuk meluagkan waktu sedikit saja untuk anda berdiskusi dengan diri anda sendiri, karna teman terbaik itu adalah diri kita sendiri. tetaplah memotivasi diri sendiri untuk mengarahkan kita pada sesuatu yang lebih baik. Dapatkan lah kedewasaan dalam bepikir dari kita sendiri, karna itu lebih baik dari pada kita mendapatkan dari orang lain.
2 bulan lagi tahun sudah berganti, apakah anda sudah memiliki resolusi????

1 komentar:

ROBERT NASUTION mengatakan...

Pa kabar nih, mampir bentar, kunjungan balasan.